Terapi Hentikan Kebiasaan Merokok Dengan Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba. Masyarakat Muslim pun melaksanakan salah satu Rukun Islam mereka yaitu Puasa. Selain ampunan dan pahala yang didapat, puasa bisa menjadi terapi untuk hentikan kebiasaan merokok. Merokok memang mengasyikkan bagi yang sudah kecanduan terlepas dari akibat jangka panjang yang akan didapat nanti.

Bagi orang yang kecanduan tembakau, mungkin satu bungkus rokok bisa habis dalam sehari bahkan bisa lebih dari itu. Habis makan merokok. Begitu juga ketika bekerja atau aktivitas lain. Bagi perokok, kegiatan mengisap tembakau ini tidak bisa ditinggalkan. Bahkan mungkin lebih disayang daripada istri hehehe.

Maka dari itu, adalah tepat bila berpuasa menjadi momen untuk menghentikan kecanduan rokok. Mungkin sulit ya untuk berhenti dari dari yang namanya kecanduan rokok. Tapi, tahukah Anda bahwa sebuah penelitian yang baru-baru ini dilansir nhs.uk menemukan bahwa bulan puasa mampu menghentikan kecanduan tembakau.
bulan puasa bisa jadi saat untuk berhenti merokok
Image Credit via Pixabay
Salah seorang perokok bernama Ahmed mengatakan bahwa bulan puasa menjadi waktu yang benar-benar efektif untuk berhenti merokok. Ini dia kata Ahmed :

"Selain tidak makan dan minum selama bulan puasa, merokok juga dilarang. Atas dasar itulah saya pun berusaha untuk tidak merokok. Memang awalnya sangat sulit. Namun puasa menolong saya untuk melakukannya. Teman saya juga menyarankan saya untuk bergabung dengan kelompok perokok yang ingin berhenti merokok. Kami menandatangani semacam perjanjian yang intinya kami akan berusaha untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan ini".

Dia juga menambahkan bahwa kunci kesuksesan dalam usahanya untuk berhenti merokok adalah niat yang kuat. Bulan puasa membuat niat kuat tersebut menjadi semakin mudah untuk dijalankan. Ahmed berkata bahwa setelah berhenti merokok dia jadi lebih sehat. Ini dia kata Ahmed :

"Saya rasa kunci dari keberhasilan ini terletak pada keinginan saya yang kuat untuk berhenti merokok dan kemudian bulan puasa membuatnya menjadi lebih mudah. Sekarang saya merasa lebih sehat, bisa berolahraga dengan baik, dan yang terpenting saya bisa mendampingi keluarga saya lebih lama lagi,".

Jadi, kata kuncinya adalah niat atau keinginan yang kuat yang ditunjang dengan usaha keras untuk berhenti merokok. Pas bulan Puasa ini merupakan saat yang tepat untuk menjalankan niat beribadah, mencari pahala sekaligus berhenti merokok.

0 Response to "Terapi Hentikan Kebiasaan Merokok Dengan Puasa"

Posting Komentar

wdcfawqafwef