Seri Tanaman Hias : Bunga Krisan

Bunga krisan, salah satu tanaman hias yang populer dengan nama bunga seruni. Di Tiongkok, bunga Krisan disebut dengan bunga emas ( Golden Flower ). Jepang menjadikan Krisan sebagai bunga negara dan simbol Kerajaan pada tahun 797 M.

Tanaman bunga Krisan terdiri dari berbagai macam antara lain Chrysanthenum indicum (kuning), Chrysanthenum morifolium (ungu dan pink) dan Chrysanthenum daisy (bulat, ponpon). Pada tahun 1795, bunga krisan menyebar di Eropa dan Prancis. Diperkirakan, varietas krisan modern mulai ditemukan pada abad 17.Sedangkan di Indonesia, bunga krisan mulai masuk pada tahun 1800.

Bunga Krisan

Bunga krisan termasuk dalam famili Asteraceae. Sedangkan untuk jenisnya selain keempat jenis di atas, masih banyak lagi verietas yang lain. Berikut ini adalah klasifikasi botani krisan :

Divisi : Spermathophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Famili : Asteraceae
Genus : Chrysanthemum
Species : C. morifolium Ramat, C. indicum, C. daisy dll.

Tanaman Hias Krisan di Indonesia

Pada umumnya, tanaman hias krisan yang dibudidayakan di Indonesia merupakan jenis dan varietas hibrida yang berasal dari Jepang, Belanda dan Amerika Serikat. Tapi, ada juga yang produk pengembangan di Indonesia.

Macam-macam tanaman hias krisan yang dibudidayakan di Indonesia :

a) Krisan lokal (krisan kuno)

Berasal dari luar negeri, namun sudah lama dan beradaptasi di Indonesia sehingga dianggap sebagai krisan lokal. Ciri-cirinya antara lain sifat hidup di hari netral dan siklus hidup antara 7-12 bulan dalam satu kali penanaman. Sebagai contoh, C. maximum yang berbunga kuning banyak dibudidayakan  di Lembang dan berbunga putih di Cipanas (Cianjur) Jawa Barat.

b) Krisan introduksi (krisan modern atau krisan hibrida)

Hidupnya berhari pendek dan bersifat sebagai tanaman annual. Contoh krisan iniadalah C. indicum hybr. Dark Flamingo, C.i.hybr. Dolaroid,C. i. Hybr. Indianapolis (berbunga kuning ) Cossa, Clingo, Fleyer (berbunga putih), Alexandra Van Zaal (berbunga merah) dan Pink Pingpong (berbunga pink).

c) Krisan produk Indonesia

Balai Penelitian Tanaman Hias Cipanas telah melepas varietas krisan buatan
Indonesia yaitu varietas Balithi 27.108, 13.97, 27.177, 28.7 dan 30.13A

Gambar-Gambar Bunga Krisan

budidaya bunga hias krisan
budidaya krisan kuning / gambar : Pixabay
bunga krisan ungu
krisan ungu / gambar : Pixabay
bunga hias krisan kuning
krisan kuning / gambar : Pixabay
bunga krisan merah
krisan merah / gambar : Pixabay

1 Response to "Seri Tanaman Hias : Bunga Krisan"

  1. berapa harganya tanaman bunga krisan warna ungu, dan bagaimana cara membeli nya,,?

    BalasHapus

wdcfawqafwef